Wednesday, February 5, 2014

FUNGSI ASAM AMINO NON ESENSIAL DAN ESENSIAL



Asam Amino Esensial
Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak dapat dibuat tubuh manusia, sehingga harus didatangkan dari luar seperti dari makanan.
Yang termasuk asam amino adalah:
·         Arginin
Adalah asam amino esensial yang diperlukan tubuh untuk pembuatan cairan seminal (air mani), dan memperkuat sistem imun. Sebagai suplemen, biasanya digunakan bersama asam amino lain, misalnya lisin. Menurunkan tekanan rendah, melancarkan peredaran darah. Anti aterogenik,menurunkan kadar lemak (kolesterol), dilatasi pembuluh darah (meningkatkan aliran darah perifer), menguatkan otot jantung, merangsang sekresi hormon pertumbuhan (Human Growth Hormone), menghambat stres oksidatif / kerusakan jaringan, meningkatkan sistem imunitas, menyembuhkan luka.

·         Fenil alanin
Fenil alanin bersama-sama dengan taurin dan triptofan merupakan senyawa yang berfungsi sebagai penghantar atau penyampai pesan (neurotransmitter) pada sistem saraf  otak . Asam amino ini bertugas mengontrol berat badan, karena efeknya dalam mengatur sekresi kelenjar tiroid dan menekan nafsu makan (control of appetite). Defisiensi fenilalanin dapat berakibat mata merah (bloodshot eyes), katarak, dan perubahan perilaku (psychotic dan schizophrenic).
·         Histidin
Asam amino ini diperlukan pada saat pertumbuhan untuk memperbaiki jaringan tubuh dan mengubah kelebihan glukosa menjadi glikogen yang diproses didalam hati. Histidin dikonversi tubuh menjadi histamin,yang merangsang pengeluaran asam lambung. Tetapi juga sering diperlukan suplementasi histidin sendiri pada usia lanjut, karena terjadi gangguan sintesa dan penyerapannya oleh tubuh

Next ............
.........................................................


Asam Amino Non Esensial
Asam amino yang dibutuhkan tubuh manusia dan dapat disintesis sendiri oleh tubuh manusia.
·         Alanin
Gugus metil pada alanin sangat tidak reaktif sehingga jarang terlibat langsung dalam fungsi protein (enzim). Alanin dapat berperan dalam pengenalan substrat atauspesifisitas, khususnya dalam interaksi dengan atom non reaktif seperti karbon. Dalam proses pembentukan glukosa dari protein, alanin berperan dalam daur alanin. Membantu tubuh mengembangkan daya tahan, merupakan salah satu kunci dari siklus glukosa alanin yang memungkinkan otot dan jaringan lain untuk mendapatkan energi dari asam amino.
·         Asam Aspartat
Fungsi asam aspartat adalah sebagai pembangkit neurotransmisi di otak dan saraf otot. Aspartat juga berperan dalam daya tahan terhadap kepenatan.Membantu perubahan karbohidrat menjadi energi sel. Melindungi hati dengan membantu mengeluarkan amonia berlebih dari tubuh. Membantu fungsi sel dan pembentukan RNA / DNA. Membantu mengubah karbohidrat menjadi energy, membangun daya tahan tubuh melalui immunoglobulin dan antibodi, meredakan tingkat amonia dalam darah setelah latihan.
·         Asam glutamat
Merupakan bahan bakar utama sel-sel otak bersama glukosa. Mengurangi ketergantungan alkohol dan menstabilkan kesehatan mental. Ion glutamat merangsang beberapa tipe saraf yang ada di lidah manusia. Sifat ini dimanfaatkan dalam industri penyedap. Garam turunan dari asam glutamat, yang dikenal sebagai mononatrium glutamat (dikenal juga sebagai monosodium glutamat, MSG, vetsin atau micin), sangat dikenal dalam dunia boga Indonesia maupun Asia Timur lainnya sebagai penyedap masakan.
·         Asparagin
Asparagin diperlukan oleh sistem saraf untuk menjaga kesetimbangan dan dalam transformasi asam amino. Ia berperan pula dalam sintesis amonia. Asparagin yang datang dari luar (dari rebung asparagus misalnya), bersifat sebagai pengurai asparagin yang diproduksi tubuh. Hasil uraiannya menjadi asam aspartat dan ammoniak. Sifat seperti ini adalah sifat asparaginase, suatu enzim yang aktif melawan tumor / kanker. Semantara itu sel kanker memanfaatkan asparagin sebagai makanannya. Karena adanya penguraian, akibatnya sel kanker berhenti tumbuh, atau kehilangan kapasitas untuk mensintesis asparagin. Akhirnya sel kanker akan mati cepat atau lambat. Fungsi lain dari asparagin adalah memperlancar keluarnya air seni atau bersifat diuretic. Karena sifat ini, semua zat buangan dari dalam tubuh dapat ikut hanyut keluar melalui air seni. Karena diuretic dan proses pengeluaran tersebut terjadi pada ginjal, maka otomatis asparagin juga dapat merawat ginjal dan sekaligus mencegah timbulnya gangguan ginjal.Andaikan zat buangan terus menumpuk di ginjal, bukan tidak mungkin akan mengganggu organ lain dalam tubuh.

Next...............................
..................................................
 
Untuk lebih lengkapnya tentang "FUNGSI ASAM AMINO NON ESENSIAL  DAN ESENSIAL" kalian bisa download di bawah ini !!!

DOWNLOAD

DOWNLOAD  

JIKA MENEMUKAN ad.fLY KLIK ADD ...

Ali WinardianaDitulis Oleh : Ali Winardiana

Artikel FUNGSI ASAM AMINO NON ESENSIAL DAN ESENSIAL, diterbitkan oleh alLeY pada hari Wednesday, February 5, 2014. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar-luaskan artikel ini, namun anda harus meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya, dan baca peraturan Disclaimer sebelum copy-paste.

No comments:

Post a Comment